Event Report: Indonesian Hijab Blogger Kopdar Pertama

01:10

Assalamualaikum :)

Hari ini, Senin 8 Desember 2014 alhamdulillah saya berkesempatan ikutan event kopdar pertamanya Indonesian Hijab Blogger atau bisa disingkat IHB. Sesuai dengan namanya, IHB merupakan perkumpulan para blogger yang berhijab. Setau saya diprakarsai oleh beberapa blogger yang kebetulan juga merupakan pendiri Hijabers Community yang sangat booming belakangan ini. Sebut saja nama-nama seperti:
Restu Anggraini (http://helgabonanza.blogspot.com/), 
Puput Utami  (http://www.pupututami.com/) , dan 
yang nama-namanya sudah tidak asing lagi bagi pengamat hijabers community, serta masih ada beberapa founder yang lainnya lagi mohon maaf bagi para pendiri yang belum kesebut namanya semata-mata karena saya belum tahu ^^

Ceritanya saya bisa ikut kopdar ini karena lihat postingannya Kara di instagram. Setelah itu saya cari tahu ke akun instagram IndoensianHijabBlogger kemudian ke blog IHB di sini tentang info detailnya, maka saya akhirnya memutuskan untuk ikut kopdar ini karena rasanya saya butuh nih ketemu teman-teman yang suka ngeblog dan berhijab juga, biar postingan saya makin berisi dan ada peningakatan. Sempet kepikiran nggak pede mau ikutan, soalnya saya rasa akan banyak blogger handal yang akan datang atau ikutan kopdar, juga saya bukan fashion blogger sedangkan founder IHB ini  kebanyakan postingannya tentang fashion, ada juga sih yang tentang family, sedangkan saya kebanyakan bercerita tentang jalan-jalan atau daily activities. Namun meski masih ada keraguan dan ke-nggak-pedean, akhirnya saya memutuskan untuk hadir. Dari pada nyesel nggak ikutan, mending nyesel pernah nyoba kan? Ternyata emang bakalan nyesel kalau tadi nggak datang. Nggak harus jadi fashion blogger buat gabung IHB, yang penting rajin ngeblog dan berhijab maka sudah bisa bergabung.

Saya terlambat sampai ke Pacific Place, karena telat berangkat dari Bintaro, seperti biasa akibat manajemen waktu saya yang suka menumpuk kegiatan di waktu berdekatan. Alhamdulillah jam 12-an saya sampai di Urban Kitchen. Sempet ragu-ragu pas baru masuk Urban Kitchen, mulai agak bingung saya celingukan dan melihat sekumpulan wanita cantik berhijab maka saya menengok ke sana dan disambut senyum manis Kak Fika, aih Kak Fika pahlawan aku banget deh hari ini tadi, aku jadi nggak kagok dan membaur buat kenalan dengan yang lain. Makasih Kak Fika dan teman-teman semua yang udah pada ramah dan asik banget. Semuanya ramah lho nggak cuma peserta yang baru gabung pertama seperti saya, blogger-blogger yang followernya udah banyak yang merupakan founder IHB pun ramah banget dan banyak ngeshare tentang pengalaman blogging mereka.

Setelah saya duduk dan bergabung di meja IHB, peserta lain pun berdatangan dan dalam waktu singkat udah ramai aja. Semua asik ngobrol dan sharing tentang blognya. Lalu acara dibuka oleh Etu alias Restu Anggraini (bener nggak ya? rasanya sih iya, hihi), yang memberikan pengantar tentang IHB ini apa dan tujuan kopdar apa aja. Ternyata salah satu tujuan IHB ini antara lain untuk "membudayakan menulis" lagi, karena sepertinya banyak yang udah pada punya blog tapi sekarang jarang nulis. Salah satunya bisa jadi disebabkan oleh kemudahan instagram,haha. Jadi semoga dengan adanya IHB maka menulis blog kembali menajdi trend lagi. Trus dilanjut oleh Suci Utami yang ngomongin tentang banyaknya pihak tertentu yang mencari para blogger untuk mereview produk mereka, bisa via endorse dan semacamnya. Jadi blogging ini selain menyalurkan hobi nulis juga bisa mendatangkan manfaat ekonomi. Setelah itu Etu menambahkan lagi bahwa bloggingnya tentu nothing to lose ya, jadi ya yang penting enjoy nulis dulu, efek diendorse atau dikontrak produk itu anggaplah bonus.

Sharing dari buzzer sukses Chacha Thaib semakin memperjelas bahwasannya blogging bisa mendatangkan nilai lebih ke penghasilan tambahan, berawal dari interestnya tentang puisi dan cerpen, lalu foto-foto outfit ketika Chacha mulai kerja kantoran yang bebas pakaiannya (sebelumnya kerjanya harus pakai seragam), kemudian jadi diminta ngereview produk dan dikontrak. Cerita tentang suka dukanya juga, misalnya gimana menghadapi komentar negatif orang-orang di postingan tentang review product. Hmmm seru juga ya, hobi mendatangkan penghasilan. Makasi Chacha udah mau bagi-bagi info. From passion to freelance job, sounds cool. Tapi tentu butuh effort lebih untuk menjadi sesukses itu, misalnya dengan mantain postingan yang bagus dan berkualitas mungkin ya? Ayook semangat lagi bloggingnya....

Dari hasil ngobrol-ngobrol lanjutan maka tadi disepakati akan diadakan workshop layout dulu. "Biar layout blog kita cantik dulu, nanti baru deh workshop gimana nulis yang baik," tutur Etu. Iya sih saya setuju banget nih. layout blog saya saat ini sedang sangat simpel. Header yang lama saya hapus dan belum sempat membuat yang baru. Nggak usah jauh-jauh ke layout dan gimana nulis bagus, mungkin setelah pulang dari kopdar IHB fokus pertama bisa diarahin ke rajin posting dulu kali ya ;)

Luar biasa hari ini dapat banyak teman baru, semoga silaturahim yang makin luas juga membuka pintu rezeki yang lebih luas ya. Aminnn. Teman-teman barunya friendly semua, jadi makin semangat ngeblog dan ngejaga silaturahimnya kan. Pengen sih bikin program misalnya sebulan ngeblog berapa kali tentang apa aja yang ditetapkan sebelumnya, tapi khawatir malas di tengah jalan dan akhirnya nggak terlaksana :p

Semoga silaturahim IHB bakalan terus berlanjut, dan pesertanya makin banyak biar makin seru dan banyak ide. Makasih IHB, makasih semuanya, sampai juga lagi ya insya Allah :D
sumber foto: instagram @IndonesianHijabBlogger

sumber foto: instagram @IndonesianHijabBlogger
Yeay kita dapat goodie bag dari hanalila (www.hanaliladailyhijab.com)

Selfi sama designer/hijabblogger kondang XD

bubaran kopdar IHB
free gift, yeay, thx hanalila, bakalan dicoba scarfnya :)
-Salam-

You Might Also Like

3 komentar

  1. seru ya.
    pengen ikutan. cuma ya itu gak pede. hehehe
    salam kenal ya Nia :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba makasih ya sudah mampir.. Salam kenal juga ;)

      Next event dateng yuk :,))

      Delete
  2. Insya allah next event bisa ikutan :))

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram